Apa Itu Webcam?

Apa itu webcam?

Webcam (“kamera web”) adalah kamera digital terhubung ke PC mentransmisikan video streaming secara real time. Webcam digunakan untuk obrolan video, seminar, rapat perencanaan, konferensi online, pelatihan, dan sebagainya.

Apa itu webcam?
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Apa itu webcam?

Pasti Anda pernah mendengar tentang webcam, dan mungkin menggunakannya di komputer Anda. Webcam adalah perangkat terhubung ke PC sebagai perangkat internal atau eksternal, terhubung melalui kabel USB atau nirkabel. Webcam built-in biasanya ditemukan di laptop atau ultrabook dan paling sering terletak di tutup di bagian tengah atas di atas layar, muncul sebagai titik kecil hanya beberapa milimeter.

Webcam nirkabel dan berkabel bersifat eksternal, ditempatkan dalam kasing, dan dapat digunakan di komputer mana pun memiliki antarmuka sesuai dan telah menginstal perangkat lunak sesuai.

Apa saja jenis-jenis kamera?

Kamera dibagi menjadi dua jenis – kamera web dan kamera IP. Mereka berbeda dalam kemampuan dan tujuan.

Webcam adalah kamera ditujukan untuk penggunaan jangka pendek.
Kamera IP adalah kamera paling sering dirancang untuk pengawasan video (untuk hewan, pengawasan rumah, dll.), Mereka diatur sedikit berbeda dan bekerja melalui protokol Internet. Kamera ini memiliki resolusi lebih tinggi daripada webcam biasa.

Bagaimana cara kerja webcam?

Bahkan, webcam adalah kamera digital terhubung ke komputer kita menangkap fluks cahaya. Cahaya melewati lensa kamera ke sensor gambar. Di sana, cahaya dikumpulkan dan tersebar menjadi “piksel”, pada gilirannya diubah menjadi informasi digital (kode biner).

Selanjutnya, kode ini ditransmisikan melalui jaringan, di mana ia diubah menjadi piksel ditampilkan di monitor. Tidak masalah apakah webcam itu built-in atau eksternal, itu membutuhkan perangkat lunak untuk bekerja. Selain driver, Anda juga harus menggunakan aplikasi webcam khusus, seperti Skype, Zoom, atau beberapa aplikasi konferensi video lainnya. Kerahasiaan

Keamanan webcam adalah salah satu perhatian utama para profesional keamanan siber di dunia saat ini.

Para ahli percaya bahwa kamera terpasang dan terhubung secara permanen ke komputer, dan dalam beberapa kasus, kamera terpasang di TV, berisiko. Untuk alasan ini, pertanyaan sering diajukan: “Apakah saya memerlukan penutup untuk webcam?” Oleh karena itu, Anda dapat melihat bahwa banyak pengguna PC tingkat lanjut webcamnya dimatikan atau ditutup penutup, dan dalam beberapa kasus ditutup selembar kertas atau selotip untuk melindungi privasi mereka.

Diperbarui 1 bulan lalu oleh Hizrian Sujendro.